Minggu, 23 Desember 2012

Debit Sungai Ciliwung Naik, Jakarta Siaga Banjir Malam Ini



VIVAnews – Badan Nasional Penanggulangan Bencana memperingatkan warga Jakarta untuk bersiap menerima banjir kiriman dari Puncak dan sekitarnya, Minggu malam 23 Desember 2012.

“Hujan berintensitas tinggi di daerah Puncak dan sekitarnya sore ini telah menyebabkan debit di hulu Sungai Ciliwung naik secara cepat antara 150-200 cm. Bendungan Katulampa berstatus Siaga 2,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, kepada VIVAnews.

Bendungan Katulampa di Kelurahan Katulampa, Bogor, Jawa Barat, berfungsi sebagai sistem informasi dini terhadap bahaya banjir Sungai Ciliwung yang akan memasuki Jakarta. Saat ini, ketinggian air di Bendungan Katulampa mencatat rekor sepanjang tahun 2012, yaitu 180 cm.

Sutopo mengatakan, diperkirakan pukul 20.30-21.30 WIB malam ini, banjir kiriman dari kawasan Puncak dan sekitarnya akan tiba di Depok. Debit banjir ini selanjutnya diperkirakan akan tiba di Manggarai, Jakarta, sekitar pukul 03.30-04.30 WIB Senin dini hari.

“Kondisi Puncak saat ini masih terus turun hujan. Masyarakat diimbau untuk siap siaga menerima banjir kiriman,” ujar Sutopo. Daerah di Jakarta yang berpotensi terkena banjir berada di sekitar bantaran Sungai Ciliwung, yaitu Rawajati, Kalibata, Pengadegan, Gang Arus/Cawang, Kebon Baru, Bukit Duri, Bidara Cina, dan Kampung Melayu. (sj)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar